Pages

Kamis, 14 November 2013

Casual Bag Crochet


Judul : Casual Bag Crochet (Lengkap dengan pola gambar dan step by step pembuatan)
ISBN: 978-979-012236
Teknik yang digunakan: Crochet (mengait)
Penulis : Yuniar Wibowo
Tebal : 88 Halaman (Full Color)
Tahun Terbit: 2013
Penerbit : Tiara Aksa (Kelompok Puspaswara)
Harga: 61.000


Akhirnya, setelah sekian lama menanti dan unjuk saran ke sales langganan dan perajut yang menulis buku, buku ini pun terbit juga. Hati berasa bahagia, karena ada alternatif buku tas selain Crochet Bag, yang sudah susaaaaah sekali didapatkan di pasaran. Beneran setengah hidup kalo mau dapet. Sudah keliling toko buku di Bandung pun tidak ketemu. Buku Crochet Bag masih banyaaaak sekali peminatnya, tapi apa daya, saya tidak sanggup memenuhinya. Entah kenapa buku ini, tidak dicetak ulang. Padahal udah sering banget minta ke salesnya. Pas kemarin ngobrol, dia cerita, malah buku lain yang dicetak ulang (atau memang masih ada sisa). Aku heran. Ya, sudahlah. Semoga penerbitnya berkenan mencetak ulang buku itu nantinya.

Ah, ya. kita kembali ke topik utama, buku Casual Bag Crochet. Hore. Pas buku ini ada, aku langsung pesan banyak. Responsnya tidak sebagus buku Bunga dari Kain dan Pita (hahaha, jelas, lah, beda jenis juga antara tas sama aksesori), tetapi lumayan, lah. Atau memang karena belum aku ulas saja jadi masih sedikit peminatnya dan orang lebih cenderung ke Crochet Bag.
Yuk, kita ulik bukunya. Menurutku, dari segi orisinalitas, aku lebih suka buku ini. Modelnya juga lebih baru, masa kini, dan segar jika dibandingkan dengan Crochet Bag atau Tas Rajutan Gaya. Pemilihan warna untuk tas juga lebih berani. Meskipun pada praktiknya nanti, para perajut pasti akan membuat tas dengan warna sesuai pilihannya masing-masing. Yuk, kita lihat apa saja isi bukunya. 


Ini dia daftar isi bukunya.
  1. Casual Bag Crochet (pengantar dari penulis)
  2. Alat dan Bahan
  3. Teknik Dasar Rajutan
  4. Jenis Tusukan
  5. Simbol
  6. Kode-Kode Umum dalam Rajutan
  7. Hangout with Casual Bag Crochet
  8. Berkerasi Membuat Casual Bag Crochet
  9. Analisis Usaha
  10. Pustaka Acuan
  11. Tentang Penulis
Berdasarkan isi bukunya, buku ini ramah untuk pemula dan bisa jadi koleksi untuk perajut yang sudah mahir. Karena itu, untuk pemula yang baru pengin belajar merajut, beli buku ini juga bisa karena menyertakan teknik dasar rajutan. Jadi, tidak usah khawatir tidak bisa, yakinkan diri Anda, harus dan pasti bisa.

Ingat yang penting dalam belajar merajut adalah niat, kemauan, dan kesabaran. Kalau sudah ada buku, alat, dan bahan tapi tidak punya niat dan tidak sabar, saya jamin, rajutannya tidak akan pernah selesai sampai kapan pun. Hahaha, pengalaman sendiri, tuuuuh.:D

 

Kita bahas selanjutnya. Nah, yang agak repot adalah komponen tas yang disebutkan dalam buku ini. Mungkin sudah banyak dijual di pasaran dan toko online, tetapi pengalaman saya, masih sulit mendapatkan komponen tas seperti yang tercantum dalam buku ini seperti handel, kancing magnet, konektor tas, dan asesoris tas lainnya, yang lucu-lucu dan unik.

Untuk handel tas saja, kalau kita sebagai pemilik toko online enggak rajin jalan atau cari koneksi toko, susaaaah banget dapat barang yang oke dengan harga yang oke pula. Biarpun begitu, sekarang sudah lumayan banyak, kok, toko online yang menjual aksesori tas. Saya juga punya beberapa item di toko, tapi memang masih perlu lebih banyak lagi, supaya banyak alternatif dan uniknya itu.


Sekarang beralih ke teknik. Untuk jenis tusukan yang digunakan, buku ini menjelaskannya dengan baik secara visual maupun keterangan. Gambarnya terang, besar dan menggunakan benang yang berwarna cerah. Bisa langsung dipraktikkan deh.


Selain itu, buku ini membahas teknik lanjutan lain yang kadang tidak dibahas buku rajutan lainnya, terutama dengan teknik crochet, yaitu, cara mengganti benang dan menjahit rajutan (saya paling sebel kalau sudah harus menjahit rajutan, soalnya suka kurang rapi)


Pola yang digunakan dalam buku ini adalah pola gambar dan tulisan. Untuk pola gambar, pembaca harus menghafalkan simbolnya. Saran saya, supaya tidak bolak balik, fotokopi saja bagian ini, lalu tempel di tembok atau tempat yang mudah terlihat, jadi cepat hafalnya, dan tidak perlu bolak-balik buku untuk mengingat, ini, simbol apa yaaa. Hihihi.




Nah, itu sekilas penjelasan awal buku ini. Ini adalah bagian yang paling dinanti pembaca pastinya. Gimana sih, kreasi tasnya. Supaya enggak kecewa pas beli bukunya secara online (bisa via saya hihihi, sms atau whatsapp saja di 082120060035). Yuk, kita intip kreasinya.









Total ada 13 kreasi tas. Cantik-cantik, kaan. Engga kalah cantik sama buku Crochet Bag. Yang mengganggu saya dari buku ini cuma satu. Modelnya. menurut saya terlalu terbuka, pakenya rok, celana pendek, duh. Untuk desain layout dan konsepnya saya lebih suka buku Crochet Bag, karena tidak ada orangnya. tidak ada yang "bertebaran". Mengapa, menurut pendapat saya, tasnya sendiri jadi terpecah menjadi dua fokus, ke modelnya atau ke tasnya. Detail tasnya sendiri tidak terlihat karena harus mengikuti konsep hangout dan modelnya. Hahaha, ini siy masalah selera saja. Namun, secara keseluruhan saya suka model tas yang ada dalam buku ini.

Satu lagi, buku ini punya kekurangan lain, yaitu tidak ada cara menjahit handel tas dan memasang furing. Sebenarnya memasang furing tas, bisa didelegasikan ke penjahit, tetapi kalau tidak ketemu penjahit yang oke, pemasangan furingnya bisa membuat perajut jadi bete berat, karena bukannya jadi bagus, malah nantinya jadi jelek. Itu saja. Selebihnya sudah oke.

Untuk yang menjadikan usaha rajutan tas ini sebagai usaha, semoga bisa seperti Kaboki, Tas Rajutan Dowa atau The Sak (yang harganya membuat kita harus rogoh kocek dalam-dalam), buku ini juga menyertakan analisis usahanya. Jadi tidak perlu bingung dalam menentukan harganya. Patok saja harga mahal jika Anda pede dengan kualitas rajutan Anda. Alasannya, karena rajutan crochet, tidak bisa dibuat dengan mesin seperti rajutan knitting. Crochet murni 10001 persen buatan tangan. Jadi, jika Anda tidak mulai menghargai karya Anda sendiri, siapa lagi?


Demikian, ulasan saya tentang buku Casual Bag Crochet. Bagi yang mencari Crochet Bag, ganti saja dengan yang ini, yaaah. Hihihi. Okelah, selamat merajuut.


0 komentar:

Posting Komentar