Pages

Kamis, 11 Oktober 2012

Aksesori Rajut

 Judul : Aksesori Rajut (dilengkapi dengan pola rajutan)
Teknik yang digunakan: Crochet (mengait)
Penulis : Setyowati Sri Hardjanto
Tebal : 72 Halaman (Full Color)
Penerbit : Demedia (Kelompok Agromedia)
Harga: 35.000 (Bandrol Toko)



Kesan pertama melihat buku ini, terkesan ini buku lama. Mengapa? Karena imej di covernya terkesan sangat vintage. Bahkan dandanan model dan teknik fotonya rasa vintagenya sangat kental. Dan itu tidak hanya di cover, di isi-isinya juga. Dan menurut saya, hal tersebut menjadi salah satu unsur pembeda buku tentang rajutan dengan yang sudah banyak beredar di pasaran.


 Projek-projek dalam buku ini, masih seputaran aksesori rajutan (jelas ajalah, judulnya juga sudah aksesori rajutan), projek yang relatif mudah dan cepat dalam pengerjaannya. Buku ini juga sangat cocok untuk dijadikan salah satu pedoman atau alternatif untuk menambah penghasilan dengan cara berjualan pernak pernik dari rajutan. Mengapa sangat cocok, ini beberapa poin keunggulannya menurut saya.
  1. Projeknya unik
  2. Relatif mudah pengerjaannya
  3. Bisa dilakukan di sela-sela waktu
  4. Bisa menggunakan benang-benang sisa.

Isi buku ini terdiri atas lima bagian isi menurut versi saya, sebagai berikut.

  1. Alat dan bahan yang digunakan untuk merajut dan pernak-pernik peralatan lain yang digunakan untuk membuat perhiasan, seperti jenis tang, jenis manik-manik, bahan perangkai seperti rantai, pengait, dan bahan aksesori lainnya seperti peniti bros, bando polos, karet rambut polos, jepit rambut, kawat anting, dan rangka anting dan giwang.
  2. Jenis benang yang digunakan.
  3. Teknik Merajut dalam bentuk ilustrasi yang cukup jelas, tidak seperti buku terbitan kelompok Agro yang lain. Biasanya menggunakan foto yang tidak cukup jelas untuk dilihat karena terlalu kecil.
  4. Tips singkat.
  5. Projek yang Bisa Dikerjakan. Totalnya ada 20 projek yang bisa dikerjakan.
  6. Dalam setiap projek terdiri atas 3 poin bahasan penjelasan utama yaitu, alat dan bahan, cara membuat dalam step by step dan pola gambar untuk setiap projeknya yang dilengkapi dengan penjelasan dan kotak kunci pola dalam setiap projek yang dikerjakan. 
Berikut ini adalah jenis-jenis projek rajutan aksesori yang ada dalam buku ini,
  1. Belt Hitam dan Bros Mawar
  2. Bros dan Jepit Rambut Mawar
  3. Jepit Rambut Bunga
  4. Bando Bunga Ungu
  5. Bando Renda Putih
  6. Karet Rambut
  7. Choker Beludru
  8. Kalung Horizontal dan Giwang
  9. Kalung Spiral dan Anting
  10. Gelang Motif Anggur
  11. Kalung Mawar
  12. Kalung Tiga Bunga
  13. Kalung Hijau Antik
  14. Anting Ring
  15. Gelang Renda Mutiara
  16. Gelang Manset
  17. Kalung Cabochon Ungu
  18. Kalung Cabochon Cokelat
  19. Choker Renda Cabochon ijau
  20. Kalung Rangkaian Melati

Berikut ini adalah beberapa contoh projek gambar yang ada dalam buku ini. 

Anting Spiral
Jepit Rambut Bunga
Jepit Rambut Mawar
 
Jepit Rambut Aster Ungu
Bando Bunga Ungu
Gelang Motif Anggur
Kalung Tiga Bunga
Kalung Mawar
Gelang Renda Mutiara
Kalung Rangkaian Melati
Gelang Manset
Masih banyak lagi projek lainnya yang bisa dicoba. Meskipun di buku ini, tampaknya aksesorinya ditujukan untuk remaja putri, tapi bukan tidak mungkin bisa digunakan oleh gadis kecil. Mungkin warnanya saja dipilih warna yang lebih ceria sehingga gadis kecil menjadi lebih cantik, dan yang terpenting, dia menggunakan aksesori rajutan yang unik dan cantik.

Menurut saya, buku ini untuk gambar step by step dan teknik dasarnya lebih jelas. Gambar ilustrasinya relatif besar dan jelas sehingga bisa digunakan untuk belajar bagi pemula. Jika dibandingkan dengan buku rajutan lainnya dari kelompok Agromedia, seperti buku Inspirasi Rajut Aksesori dan Aneka Kreasi Rajutan untuk Pemula Hingga Mahir yang menggunakan foto, dan itu kecil-kecil banget. (Kedua buku ini juga akan saya ulas)



Rating saya untuk buku ini empat bintang, dari segi isinya dan tingkat kemudahannya. kalau saya kurang suka teknik foto dan dandanan versi vintagenya karena membuat buku ini terkesan seperti buku lama. Itu saja, lepas dari itu, projek dalam buku ini bagus-bagus dan punya prospek bagus untuk dijual dan untuk dijadikan suvenir pernikahan.

Demikian, sedikit ulasan buku Aksesori Rajut yang ditulis oleh Setyowati Sri Hardjanto. Semoga bisa membantu pembaca. Buat pemula, buku ini saya rekomendasikan untuk dimiliki. Selain karena projeknya banyak dan mudah dipraktikkan.

0 komentar:

Posting Komentar