Pages

Minggu, 04 November 2012

Tas Rajutan Gaya



Judul : Tas Rajutan: Untuk Tampil Makin Cantik (dilengkapi dengan pola rajutan)
Teknik yang digunakan: Crochet (mengait)
Penulis : Yanti Hafnur
Tebal : 72 Halaman (Campur FC+BW)
Penerbit : Kriya Pustaka (Kelompok Puspaswara )
Harga: 39.000 (Bandrol Toko)


Hahai, borongan, niiy. Lagi rajin. Setelah kemarin membahas Crochet Bag, sekarang saatnya kita mengulik buku Tas Rajutan Gaya. Mumpung saya lagi on nulis di blog. Besok-besok sudah harus ngerjain yang lain yang sudah dekat singa matinya. Hahaha. Kita hiburan dulu. Nah, ngawur kaan. Ayo kembali ke topik awal. Tas Rajutan Gaya.

Seperti telah diungkapkan di postingan tentang Crochet Bag, Tas Rajutan Gaya sudah lebih dahulu terbit. Tampilan fotonya pun sesuai dengan tren pada tahun itu.  Tapi model tas, tetap enggak ada matinya. Biarpun dipake tahun lama atau baru, tetep aja keren dan aptudet, halah maksudnya up to date. Karena tas adalah tas, sebuah aksesoris yang perempuan tidak pernah bisa lepas darinya.

Kini, selain tas yang memang sudah jadi, tas rajutan juga sudah mulai menjadi primadona. Baik yang dibuatkan orang, membeli online, salah satunya di www.kaboki.co.id, atau dengan cara membuatnya sendiri. Dan tas rajutan adalah salah satu pilihan yang unik.

Dalam postingan sebelumnya, saya mengungkapkan saya lebih  menyukai buku Crochet Bag. Sebenarnya itu lebih ke masalah tampilan saja, karena setelah dibaca, ternyata projeknya juga bagus-bagus, meskipun tidak sebanyak Crochet bag projeknya. Langsung saja kita ulas, yuk.

Secara umum, isi bukunya sama seperti isi buku keterampilan lainnya, terbagi menjadi tiga tema besar, sebagai berikut,
  1. Alat dan bahan
  2. Teknik Merajut
  3. Projek  yang bisa dikerjakan ada 14 projek yang bisa dikerjakan.
Empat belas projek itu adalah sebagai berikut.
  1. Pesona Tas Bunga Matahari
  2. Bunga-Bunga Harmonis
  3. Undakan nan Elegan
  4. Si Bulat Cntik
  5. Creamy Square
  6. Corak Abu-abu HItam
  7. Big & Beautiful
  8. Anyaman Merah Muda
  9. Kemilau Benang Emas
  10. Nuansa Hijau Daun
  11. Bunga Kuning Kehijauan
  12. Gradasi Kuning Hijau
  13. White Rose
  14. Sweet Brownish
Jika pada buku Crochet Bag, kreasinya murni rajutan semua, rajutan bukan aplikasi pada tas, pada buku ini projeknya campuran. Ada hasil rajutan yang digunakan sebagai aplikasi pemanis pada tas dan ada pula yang rajutan utuh menjadi satu tas. Tepatnya ada tiga projek dengan rajutan sebagai aplikasinya, yaitu
  1. Pesona Tas Bunga Matahari
  2. Bunga-bunga Harmonis
  3. Undakan nan Elegan
Hanya tiga, yang lainnya, Anda harus bertabah diri mengerjakannya agar bisa mendapatkan hasil yang diinginkan dan sesuai harapan. hihihi (sama aja kayanya hasil yang diinginkan dan sesuai harapan). Ada satu tas yang mirip dengan tas yang ada di buku Crochet Bag, mirip dari segi bentuk tapi beda teknik dan finishing.

di Tas Rajutan Gaya

di Crochet Bag


Berikut ini adalah gambar kreasi tas rajutan yang ada dalam buku ini.





Creamy Square









 Sekarang kita bahas tentang teknik merajut yang digunakan. Di buku ini, pemaparan tentang teknik rajutan sangat jelas dan ilustrasinya pun besar-besar. Jadi, untuk pemula yang baru ingin belajar merajut, tidak usah takut tidak bisa, buku ini juga menyertakan teknik-teknik dasar dengan step by step ilustrasi yang jelas dan mudah dipahami.

 
Kalau malas baca tulisannya, bisa langsung praktik sambil lihat gambarnya. Bagaimana dengan yang sudah di atas pemula atau sudah mahir, kalau biasa baca pola gambar, buku ini juga menyertakan pola gambar dan tulisan. Tidak usah khawatir, tinggal langsung praktik saja, hehehe, tentunya asal udah ada alat dan bahannya (bisa beli di saya juga kok, halah plakk... *langsung promosi gini) :)


Buku ini juga dilengkapi dengan tips dan trik. Salah satunya Tip dalam membuat tas rajutan dan Tip menjahit tas (memasang furing) agar tasnya sempurna dan tidak bolong, kesannya juga akan menjadi lebih cantik.Selain dua tip itu masih ada beberapa tip yang bertebaran di halaman-halaman buku sebagai berikut,
  1. Tip dalam memilih bahan dan warna tas di halaman 27
  2. Tip menyusun bunga di atas tas di halaman 23
  3. Tip memiliih tas di halaman 19

Selain tip, penulis juga memberikan saran yang bertebaran di beberapa halaman buku. Kreasi paling mewah dan cantik dari buku ini adalah tas yang ditampilkan di cover buku, tapi banyak juga tas lucu-lucu lain yang bisa dipraktikkan. Tas yang paling keren menurut saya Tas Nuansa Hijau Daun dan Creamy Square. Kalau tas yang manis dan lucu adalah tas Sweet Brownish.

Jika masih mencari inspirasi tas rajut lainnya bisa juga membeli buku Crochet Bag atau berkunjung ke www.kaboki.co.id untuk tambahan inspirasi rajutan tas. Di Kaboki, banyak sekali jenis tas rajutan yang cantik-cantik baik dari segi warna dan modelnya.

Semoga ulasan ini bisa membantu pembaca, ya. Kalau mau beli bukunya bisa juga di saya. (teteep promosi), tapi buku ini seperti buku Crochet Bag, masih susah dicari. Musti sering-sering senggol penerbitnya biar cepet dicetak ulang. hehehe.

1 komentar:

  1. Hallo mbak nung..
    Saya baru belajar crochet dan knitting nih dan tertarik banget waktu liat buku ini di blognya mbak nung. Apa bukunya masih bisa dipesan ya mbak?
    Terima kasih..

    BalasHapus