Pages

Sabtu, 01 Desember 2012

Kreasi Rajutan Untuk Bayi


Judul : Kreasi Rajutan Untuk Bayi
Teknik yang digunakan: Crochet (mengait)
Penulis : Thata Pang
Tebal : vi + 134 Halaman (Campur FC+BW)
Penerbit : Kriya Pustaka (Kelompok Puspaswara )
Harga: 45.000 (Bandrol Toko)

Hai, pembaca, maaf ya sudah lama tidak update review buku yang baru. Alasannya klasik aja hehehe, sibuk dan malas. Hihihi, kalo kata Mas Amri, salah seorang trainer sepeda, dia bilang, ih sibuk kok bangga. Hehehe, ini mohon maklumnya saja, karena toko onlinenya masih single fighter, dari belanja, balesin sms, foto dan edit benang, buku dan alat rajut, scan foto projek dari buku untuk aplot di blog, cek fb dan blog, memilah pesanan, bebungkus paket, dan pengiriman masih dikerjain sendiri. Jadi, kepada para konsumen setia Nurcha Shop, www.nurcha.wordpress.com, dan www.ulikbukucraft.blogspot.com, mohon maklumnya jika sms tidak segera dibalas, dan paket tidak langsung dikirim segera setelah ditransfer. hihihi, kok malah curcol ya.

Cover Belakang Buku
Nah, langsung aja masuk ke tema buku rajutan kali ini. Judul buku yang akan diulas kali ini adalah Kreasi Rajutan untuk Bayi. Buku ini bisa jadi salah satu pilihan tepat untuk memberi hadiah custom dan spesial untuk sahabat atau kerabat yang baru saja melahirkan. Hadiahnya, kan, jadi spesial karena kita membuatnya sendiri.

Oh, tidak hanya hadiah, tapi ibu yang sedang hamil pun bisa merajutnya untuk si dede yang ada di dalam perut. Selain sebagai terapi yang menenangkan hati dan jiwa, ketika jadi pun kita akan puas, karena si kecil memakai hasil rajutan ibunya sendiri yang tentunya dibuat dengan segenap rasa cinta dan doa yang terselip di setiap tusuknya. Benar, kan, bundaa :)



Sedekat yang saya tahu, baru ada dua buku merajut  yang khusus bayi. Dua-duanya menggunakan teknik crochet, yaitu,
  1. Kreasi Rajutan Untuk Bayi - Thata Pang - Kriya Pustaka - Harga normal 45.000
  2. Kreasi Rajutan Cantik untuk Bayi - Yohana Bonita - Demedia - Harga normal 30.000
Kedua buku itu punya judul yang hampir mirip, konten beberapa projek juga sama, tetapi lebih banyak dan beragam variasi di buku Kreasi Rajutan Untuk Bayi. Perbedaan itu juga sudah tampak dari tebal bukunya dan banyaknya projeknya. Hmmm, harga juga ya. Lebih tebal dan lebih mahal daripada yang Kreasi Rajutan Cantik untuk Bayi.

Kreasi Rajutan Cantik Untuk Bayi dari Yohana Bonita
Kita langsung saja cek daftar isi dalam buku Kreasi Rajutan Untuk Bayi dalam gambar berikut.


Secara umum, sebelum membahas projek, isi buku ini meliputi
  1. Alat dan Bahan yang diperlukan untuk merajut. 
  2. Teknik dan Variasi Tusukan 
  3. Projek Rajutan yang bisa dikerjakan
  4. Tips dan Trik penting seputar pembuatan kreasi rajutan dan perawatannya
  5. Pola rajutan dalam bentuk gambar
Yuk, kita ulas satu per satu empat bahasan yang ada dalam buku ini.

Alat dan Bahan
Tidak banyak alat dan bahan yang diulas dalam buku ini. Hanya pembahasan singkat tentang ukuran hakpen yang digunakan dan kecocokannya dengan jenis benang yang digunakan. Pembahasan benangnya pun tidak terlalu banyak. Hanya mengulas sedikit tentang jenis benang yang banyak digunakan untuk merajut. Oh, satu lagi, mengingat ini buku terbitan lama, maka ulasan benangnya pun tidak terlalu banyak. Bisa jadi, ketika buku ini ditulis, dunia perbenangan tidak seramai sekarang. (ah, dunia perbenangan).
Selain alat dan bahan yang pokok untuk merajut seperti hakpen dan benang, di sini diulas juga tentang bahan-bahan lain yang bisa digunakan untuk lebih mempermanis dan mempercantik tampilan hasil rajjutan kita, seperti penggunaan pita, manik-manik, tali kur, aplikasi flanel, kancing dan lain-lain.

Teknik dan Variasi Tusukan
Sebagaimana buku terbitan kelompok Puspaswara (Tiara Aksa, Kriya Pustaka, Katamedia, Kanaya Press), gambar-gambar dalam buku ini ilustrasinya jelas dan besar. Penulisan simbol-simbol yang digunakan serta pola istilahnya pun disertakan sehingga memudahkan bagi pemula dan tidak membingungkan juga untuk yang setingkat di atas pemula dan yang mahir. Tidak hanya ilustrasi dan langkah-langkah cara pembuatannya, disertakan pula galeri hasil teknik dan variasi tusukan sesuai dengan simbol-simbol yang digunakan dalam buku ini.

Salah satu contoh ilustrasi dalam buku

Dalam bagian ini disertakan pula tips dan hal-hal yang harus diperhatikan ketika mempraktikkan tusuk ini serta kelebihan dari tusuk yang digunakan. Sebaiknya, sebelum praktik, diperhatikan betul-betul saran yang diberikan oleh penulis. Mengapa? Itu akan membuat  hasil rajutan Anda lebih rapi dan Anda lebih menguasai tekniknya. Hal lain yang penting dalam penguasaan teknik adalah tidak menyerah ketika mempelajarinya. Jika teknik dasar sudah dikuasai, Anda akan lebih mudah berkreasi.

Galeri hasil variasi tusukan yang ada dan digunakan dalam buku Kreasi Rajutan Bayi
Galeri hasil variasi tusukan yang ada dan digunakan dalam buku Kreasi Rajutan Bayi

Projek Rajutan yang Bisa Dikerjakan

Beberapa galeri projek dalam buku Kreasi Rajutan Bayi
Sekadar cek ulang, total projek dalam buku ini semuanya ada 21 projek rajutan dalam buku ini. Yuk, kita break down projeknya.
  1. Anyaman Botol Susu
  2. Baju Manisku (gaun bayi)
  3. Celana Popcorn
  4. Celemek Makan Mungil
  5. Celemek Makan Zigzag
  6. Little Pinky (gaun bayi)
  7. Mantel Ceria Granny
  8. Rok Spartan Berbunga
  9. Sarung Tangan Ceria
  10. Selimut Bintang Kejora
  11. Selimut Patchwork
  12. Sepatu Bayi Granny
  13. Sepatu Bunga Bergaya
  14. Sepatu Ilusi
  15. Sepatu Koboy
  16. Tas Gantung Botol Susu
  17. Tempat Minumku
  18. Topi Ceria
  19. Topi Ekspres
  20. Topi Gaya Berbaris
  21. Topi Ilusi


Berdasarkan 21 projek yang sudah di-break down, saya membaginya menjadi empat kategori, yaitu
  1. Projek Baju yang terdiri atas Baju Manisku, Little Pinky, Celana Popcorn, Mantel Ceria Granny
  2. Projek Sepatu dan Sarung Tangan yang terdiri atas Sarung Tangan Ceria, Sepatu Bayi Granny, Sepatu Bunga Bergaya, Sepatu Ilusi, dan Sepatu Koboy
  3. Projek Topi yang terdiri atas Topi Ceria, Topi Ekspres, Topi Gaya Berbaris, dan Topi Ilusi
  4. Projek Tas yang terdiri atas Anyaman Botol Susu, Tas gantung Botol Susu, Tempat Minumku
  5. Projek Selimut yang terdiri atas Selimut Bintang Kejora dan Selimut Patchwork

Dari kelima kategori projek itu, Anda bisa memilih projek mana yang paling tepat (dan cepat) untuk dibuat. Projekk yang paling cepat ada di kategori 2, 3, dan 4. Ketiga kategori itu juga yang paling efektif untuk dijadikan produk yang dijual (jika Anda sudah cukup percaya diri untuk menjual hasil produk Anda) baik secara custom alias sesuai pesanan, atau secara ready stock. Anda bisa menjualnya satuan atau dalam bentuk Baby Set Gift yang terdiri atas topi, sepatu dan sarung tangan bayi. Prospeknya masih cerah saya rasa, sepanjang masih banyak orang yang hamil dan melahirkan. Bidikan pasarnya bisa ibu hamil yang akan punya baby atau orang yang ingin memberi hadiah kepada kerabat dan sahabatnya.



Mungkin timbul pertanyaan, bagaimana dengan projek kategori 1 dan 5. Bisa saja Anda membuatnya, tetapi itu akan makan waktu lebih banyak. Kalau baju mungkin masih bisa dikejar pembuatannya sekitar 2-3 minggu, kalau selimut ukuran 1 meter panjang dan lebarnya. Anda harus bisa memperkirakan waktu pengerjaannya. karena pastinya makan waktu lebih lama dan tingkat kebosanannya akan lebih tinggi.







Tips dan Trik
Dalam buku ini penulis memberikan tip dan trik dasar yang penting untuk diketahui dan dikuasai oleh para perajut. Tip dan trik itu meliputi pembahasan berikut ini.
  1. Memperbesar dan memperkecil ukuran projek rajutan (ini berkaitan dengan jenis benang dan hakpen yang digunakan)
  2. Standar ukuran tubuh bayi berdasarkan bulan
  3. Cara Menyisipkan benang sisa rajutan
  4. Mengukur kreasi bayi agar hasil rajutan bisa awet dan lebih lama dipakai
  5. Mengemas produk hasil rajutan
  6. menjemur kreasi rajutan
Pola Rajutan
Bagi para perajut yang lebih familiar dengan pola gambar, Thata Pang menuliskan diagram pola gambarnya besar dan jelas sehingga lebih mudah dipraktikkan dan ramah pula bagi pembaca senior yang mulai menekuni hobi merajut.

Penulis juga menyertakan tingkat kesulitan untuk setiap projek yang ada dalam buku ini. Jadi, tingkat kesulitan projeknya bertingkat dan bervariasi dari mulai yang paling sederhana untuk pemula hingga tingkat yang sulit untuk yang sudah mahir.

Wah panjang juga ya. Semoga bisa membantu para pembaca yang hendak membeli buku ini. Saya, sih, merekomendasikan  buku ini untuk dimiliki. Buku ini juga ramah bagi pemula. Jadi, tanpa harus membeli buku rajutan untuk pemula, buku ini juga sudah bisa menjadi pedoman untuk mulai menekuni rajutan, setidaknya untuk teknik dasarnya.

Sekali lagi, ketika memilih hobi merajut, jangan menyerah. Terus praktik, idiom alah bisa karena biasa atau practice make perfect benar-benar berlaku.

Bunda Thata Pang, terima kasih telah menulis buku ini. :)

0 komentar:

Posting Komentar