Pages

Jumat, 22 Februari 2013

Knit It Love It


Judul : Knit It Love It; Rajut Cantik Rajut Unik
ISBN: 978-602-8276924
Teknik yang digunakan: Knitting (Breyen)
Penulis : Ajeng Galih Sitoresmi
Tebal : 48 Halaman (Full Color)
Tahun Terbit: 2013
Penerbit : Kana Media (Kelompok Galang Press)
Harga: 34.000 (Bandrol Resmi Toko)

 

Ahai, sudah lama sekali tidak mengisi blog dengan ulasan buku baru, ya. Hehehe, sok sibuk, nih. Ih, sibuk kok bangga, ya. Hihihi, itu sih kata Mas Amri, salah satu trainer dan penggiat bersepeda di Bandung.

Ada beberapa buku rajutan baru, yang memang baru banget terbit. Salah satunya adalah buku ini. Judulnya Knit It Love It. Buku berbasis knit, yang memang masih jarang banget di pasaran. Terhitung ada hmmm... masih kurang dari sepuluh buku yang berbasis knitting.

Buku ini ditulis oleh Ajeng Galih Sitoresmi, pemiliki Poyeng Hobby. (halo Mba Ajeng, #dadahdadah). Kesan pertama ketika buku ini akhirnya sampai di tangan saya adalah buku ini sangat akrab dan personal. Ketika membacanya, seperti kita diajak bereksplorasi dengan belajar sekaligus "ngobrol" bersama penulisnya. Setiap rajutannya diceritakan sejarahnya mengapa sampai lahir projek rajutan tersebut.

Mengingat, penulisnya juga jago menggambar, ilustrasi dalam buku itu pun dibuat sendiri dan khusus untuk buku itu. Percaya, deh, ketika buku itu juga sampai di tangan kalian, kesan keakraban dan spesial itu terasa sangat kental. Dan itulah yang membuatnya berbeda dengan buku rajutan lainnya.

Contoh ilustrasi dari salah satu projek rajutan.
 Yuk, kita intip daftar isi buku ini, supaya tidak penasaran apa saja isinya.


Buku ini bisa dibilang adalah buku lanjutan dari buku Sehari Mahir Merajut. Secara ukuran, buku ini lebih kompak daripada buku yang pertama. Ukurannya lebih kecil, tetapi isinya tidak kecil. Layoutnya manis, fotonya keren, projeknya mudah dikerjakan dan "cepat" bukan tipikal projek rajutan besar yang lama dikerjakan.

Buku ini, menurut saya, sih, wajib dimiliki para perajut. Perajut yang sudah bukan pemula tetapi belum mahir biasanya mencari-cari projek yang bisa dikerjakan, sementara buku rajutan lokal untuk knitting, projeknya masih kurang variasi. Bisa aja sih, sebenarnya ke website rajutan luar karena banyak pola gratis, tetapi biasanya keterbatasan membaca pola dalam bahasa Inggris masih menjadi masalah bagi sebagian (persentasenya biasanya bisa sebagian besar atau sebagian kecil) perajut pemula. Karena itu, buku ini bisa jadi pilihan terbaik untuk perajut intermediet, pemula sudah lewat, tapi belum terlalu mahir juga.

Dalam buku ini ada empat belas projek yang bisa dikerjakan. Rentang waktunya bervariasi. Ada yang cepat ada yang lambat. Cocok banget buat last minute gift buat sahabat, tetangga, kerabat, atau bahkan diri sendiri. Buat usaha juga cocok banget, terutama gelangnya, bisa banget buat gelang persahabatan gitu. :P

Dalam setiap projeknya juga dilengkapi dengan keterangan sebagai berikut.
  1. Tingkat kesulitan projek yang diukur dengan simbol love. Kalau simbol lovenya satu berarti itu untuk pemula, simbol love dua semi intermediate, dan simbol love tiga untuk perajut intermediate to advance. 
  2. Ukuran projek dan peruntukannya.
  3. Benang yang dipakai
  4. Ukuran stik rajut yang dipakai
  5. Tensi rajutan alias gauge
  6. Abbreviation alias teknik apa saja yang digunakan dan singkatan teknik yang digunakan. Ajeng Galih sengaja tetap menggunakan istilah asli dalam bahasa inggrisnya alasannya semata-mata demi memudahkan agar pembaca nantinya tidak asing lagi dengan istilah itu dan bisa membaca pola ketika membaca pola berbahasa inggris dan lebih memudahkan pula ketika mencari melalui google atau youtube.
Penulis juga menyertakan hal-hal mendasar yang perlu diketahui para perajut. Hal-hal ini terkesan sepele, tapi ini adalah teknik dasar dan istilah-istilah yang harus dipahami oleh para perajut. Hehehe, saya juga sering melewatkannya. Karena kurang sabar dan terburu-buru.


Selain hal-hal yang perlu diketahui oleh perajut, penulis juga menyertakan cara memakai buku Knit It Love It. Bagian ini berisi hal-hal yang perlu diperhatikan selama membaca dan mencoba projek-projek yang ada dalam buku ini. 


Pastikan membaca kedua bagian tersebut, terutama bagian Kamu Perlu Tahu! Karena itu penting dalam pengetahuan tentang teknik merajut. Nah, sekarang, yuk, kita intip apa saja projeknya.


 

  



 










Nah, itu dia projek yang ada dalam buku ini. Overall, saya suka banget sama buku ini. Oh, satu lagi, buku ini tetap dilengkapi dengan informasi tentang teknik merajut yang masih diperlukan. Jadi, semisal sekalipun buta merajut, Anda tetap bisa belajar. 





Satu lagi yang saya suka banget dari buku ini adalah ilustrasinya, termasuk coretan tulisan tangan asli penulisnya. Jadinya berasa personal dan akrab banget, serasa disuratin dan diajak ngobrol sama penulisnya. 


Tuh, kan, manis banget. Mbak Ajeng, Selamat, Ya. Congratulation. Makasih udah bikin buku yang cantik ini. Semoga ke depan bisa bikin buku lagi dan lagii.

0 komentar:

Poskan Komentar